Powered By Blogger

Kamis, 05 Maret 2015

MAKANAN KHAS


TORAJA 
                           
Deppa Tori 


Kuliner khas yang berasal dari Toraja dan paling sering untuk dibawa pulang oleh para wisatawan adalah Deppa Tori. Kuliner ini berbahan dasar tepng beras, gula merah dan ditaburi dengan wijen.

Rasa dari Deppa Tori sangat memikat lidah siapapun yang pernah mencobanya. Para wisatawan sangat menyukai kuliner khas Toraja ini karena rasanya yang manis dan gurih serta memiliki tekstur yang keras.

Anda sangat disarankan untuk menocoba kuliner khas ini ketika berlibur ke Toraja. Deppa Tori dapat anda temui di pasar yang berada di Kota Rantepao. Sebagian besar toko - toko yang berada di Kabupaten Toraja juga menjual kuliner khas ini. Jangalah juga lupa untuk membawanya sebagai oleh - oleh keluarga dan kerabat.

Pa'piong

Masakan khas Toraja yang terdiri atas daun miana dicampur dengan daging babi, ayam kampung atau ikan mas. Daging di dalamnya tercerai berai dan bercampur dengan parutan kelapa yang menguning karena bumbu. Bumbu yang digunakan antara lain rajangan bawang merah dan bawang putih, garam, potongan jahe, dan batang serai untuk menghilangkan bau amis. Setelah dibungkus daun miana, pa'piong dimasukkan ke dalam batang bambu dan dibakar.
Pa’piong dulunya disajikan pada acara-acara penting atau upacara- upacara adat. Namun sekarang, pa' piong telah disajikan secara awam oleh masyarakat Toraja.
Daun miana berwarna ungu dan rasanya agak pahit. Piong sendiri di Toraja berarti sejenis lemang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar